Pemkab Bandung Luncurkan Program Buku Sekolah

INIBANDUNG.COM – Untuk mengecek kelayakan dan kondisi sarana pendidikan, Pemkab Bandung melalui pihak Dinas Pendidikan meluncurkan Buku Sekolah (Bupati Kunjungi Sekolah).

Selain melihat langsung sarana prasarana, program Buku Sekolah ini juga hadir guna memastikan soal implementasi tiga muatan lokal (mulok) dalam kurikulum pendidikan.

Tiga mulok tersebut yakni Pendidikan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda serta Belajar Mengaji dan Menghafal Al-Quran.

“SDN Nengkelan, Kecamatan Ciwidey terpilih menjadi lokasi pertama pada kegiatan dari program Buku Sekolah,” kata Bupati Bandung Dadang Supriatna dalam keterangannya.

Menurut Dadang, penerapan 3 mulok yang dimiliki Pemkab Bandung sudah selaras dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kemendikbud Ristek RI.

“PPK merupakan upaya menumbuhkan dan membekali generasi muda agar memiliki bekal karakter baik, keterampilan literasi yang tinggi, dan berpikir kritis,” katanya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berharap, mulok tersebut dapat membentuk generasi Kabupaten Bandung yang Bedas baik secara intelektual maupun spiritual.

“Seluruh siswa di Kabupaten Bandung wajib mempelajari tiga muatan lokal ini. Jangan sampai para siswa tidak mengenal bahasa dan budaya sendiri,” ucap Bupati Bandung.

Kepala Disdik Kabupaten Bandung Rully Hadiana menyebut progarm Buku Sekolah berfungsi untuk memastikan kelayakan fasilitas pendidikan di Kabupaten Bandung.

“Nanti kami akan inventarisir dan menyisir sekolah-sekolah yang belum layak baik dalam hal sarana dan prasarana atau pun kesiapan tenaga pengajarnya,” ujar Rully.

“Tentunya sekolah (yang perlu bantuan) tersebut akan kami prioritaskan untuk mendapatkan program dari Pemkab,” kata Kepala Disdik Kabupaten Bandung itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.