BPOM Bandung Sita Ribuan Kosmetik Ilegal Mengandung Bahan Berbahaya

INIBANDUNG.COM – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bandung menyita ribuan kosmetik ilegal yang mengandung bahan berbahaya hasil dari penertiban di 8 daerah.

Dalam keterangannya, Kepala Balai BPOM Bandung Sukriadi Darma mengatakan total produk kosmetik tanpa izin edar yang disita jajarannya 3.826 item dari total 183 jenis.

“Selain mengandung bahan berbahaya, ribuan kosmetik ilegal yang disita itu dari 30 distributor kosmetik di 8 daerah (Jawa Barat),” kata Sukriadi, Rabu 3 Agustus 2022.

Ke-8 daerah itu, lanjut dia, meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Cimahi, Bandung Barat, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Subang, dan juga Purwakarta.

“Ada, 3 kategori barang yang disita yaitu sudah melewati kadaluarsa, kosmetik yang dalam negeri tanpa izin edar serta produk impor tak memiliki izin edar,” tutur Sukriadi.

Bila dinominalkan dari penertiban ini, kata dia,  mencapai Rp264 juta dengan rincian kosmetik lokal tanpa izin edar senilai Rp222 juta, kosmetik impor tanpa izin edar Rp40 juta dan kosmetik kedaluwarsa Rp1,3 juta.

“Selain kosmetik, dalam penertiban ini kami menemukan produk non kosmetika berupa obat keras sejumlah 14 jenis senilai Rp3,3 juta,” ucap Kepala Balai BPOM Bandung itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.