Erwin Gunawan Politisi PDIP : “Sistem Zonasi PPDB Hingga Kini Masih Bermasalah”

INIBANDUNG.COM – Politisi PDIP Kabupaten Bandung Erwin Gunawan mengungkap bila sistem zonasi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) hingga kini masih bermasalah.

Pasalnya, lanjut Erwin, banyak masyarakat kecil utamanya yang berada di pelosok Kabupaten Bandung dirugikan karena sistem zonasi dalam PPDB yang diterapkan itu.

“Kalau masyarakat pelosok merupakan orang mampu atau kaya, mungkin tidak akan jadi masalah jika masuk sekolah swasta karena zonasi,” ungkap Anggota DPRD itu.

“Tapi ini kan yang berpenghasilan rendak yang terdampak. Sehingga banyak sekali anak usia produktif dari keluarga tak mampu sulit melanjutkan sekolah,” sambung Erwin.

Mungkin salah satu solusi bagi masyarakat, kata dia, pemerintah membangun sekolah baru atau ruang kelas baru dengan prioritas bagi masyarakat kecil yang ada di pelosok.

“Sehingga saat zonasi berlaku mereka bisa mendapatkan pelayanan pendidikan. Atau solusi lain jangan ada penguncian zonasi bagi yang tinggal di pelosok,” ucap Erwin.

Politisi PDIP itu merasa prihatin dengan kondisi itu. Apalagi di UUD 1945 termuat jelas rakyat Indonesia berhak mendapatkan kehidupan dan pendidikan yang layak.

“Tapi kalau akhirnya dibatasi dengan zonasi maka tidak akan terjadi pemerataan pendidikan. Karena adanya aturan itu yang jujur saja sangat merugikan,” ujar Erwin.

“Kami harapkan pemerintah segera mencari solusi soal (zonasi) ini yang semata-mata demi pemerataan pendidikan dan masa depan masyarakat di pelosok,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.