Sempat Dikeluhkan, Gunungan Sampah di Cikeruh Bojongsoang Akhirnya Dibersihkan 

INIBANDUNG.COM – Gunungan sampah yang sempat menyesaki sungai Cikeruh di Jalan Sapan, Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, yang dikeluhkan warga akhirnya dibersihkan Minggu, 17 Juli 2022.

Kepala Desa Tegalluar Galih Hendrawan mengatakan bila pembersihan aliran sungai Cikeruh dari gunungan sampah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Bandung (DPUTR) setempat.

“Dalam waktu singkat, sampah di bawah jembatan pun sudah dibersihkan. Sampah ini sudah dikeruk dengan menggunakan bachoe dan diangkut dengan menggunakan truk,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Galih, tumpukan sampah terjadi setiap terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan meluapnya air dan menimbulkan banjir. Tumpukan sampah ini mengakibatkan tersendatnya saluran air.

“Terima kasih kepada DPUTR yang sudah bergerak cepat menangani tumpukan sampah tersebut. Semoga bisa dilakukan pengerukan secara rutin, agar sampah tidak tersangkut lagi dibawah jembatan,” ujarnya.

“Apalagi kalau turun hujan dengan insentitas tinggi dan lama tumpukan sampah semakin banyak, genangan air semakin tinggi bahkan sempat sampai meluber ke jalan,” sambung Kepala Desa Tegalluar itu menegaskan.

Galih menduga sampah dibuang oleh oknum warga yang tak bertanggung jawab. Kendati begitu DPUTR telah cepat membersihkan karena bila dibiarkan selain menghambat aliran sungai juga menimbulkan bau busuk.

“Bukan hanya dari sampah bau busuknya, tapi bau busuk yang berasal dari bangkai binatang, seperti tikus dan kucing, ayam. yang sudah jadi bangkai dan mengeluarkan bau busuk yang menyengat,” tutur Galih.

“Aroma bau busuk tidak hanya tercium warga, tapi juga tercium oleh pengguna jalan lain. Sebelum diangkut sampah menumpuk hingga 5 meter dari jembatan dan biasanya lebih dari 10 meter,” katanya menambahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.