Pakai Lahan Hijau, DPUTR Periksa Developer Perumahan di Kawasan Cileunyi

INIBANDUNG.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung memeriksa developer perumahan di Cileunyi yang terindikasikan melanggar tata ruang.

Kepala Bidang Bangunan DPUTR Kabupaten Bandung Dudih Yuliandri mengatakan upaya pemeriksaan itu karena developer memakai lahan hijau dalam mengembangkan bisnis.

“Lahan dan bangunan berupa kavling milik developer di Jalan Cikoneng, Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi berdiri di atas zona hijau,” kata Dudih kepada wartawan.

Kavling perumahan tersebut, lanjut Kabid Bangunan DPUTR Kabupaten Bandung itu, melanggar Perda No 27 Tahun 2016 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2016 -2036.

“Makanya kami lakukan pemanggilan kepada pemilik lahan, sekaligus pemilik bangunannya untuk diperiksa dan dimintai klarifikasinya,” ungkap Dudih menegaskan.

Selain sudah berdiri kavling perumahan, dijelaskan Dudih, hasil monitoring di lahan tersebut juga sudah ada pematangan lahan untuk dijual kepada masyarakat umum.

“Sebagai fungsi pengawasan DPUTR Bidang Bangunan Gedung tentu kami tentu perlu menindaknya. Kami sudah beri peringatan agar pembangunan dihentikan,” kata Dudih.

Jika pembangunan terus dilakukan setelah diberi peringatan, sambung Duduih, maka sanksi terberat yang akan diberikan kepada developer berupa pembongkaran bangunan.

“Kita akan lakukan penertiban hingga pembongkaran bangunannya seandainya diperlukan. Ini terpaksa kami lakukan untuk memberikan efek jera ke pelanggar,” ujarnya.

“Ini juga sekaligus peringatan buat semua developer yang lain, agar jangan sampai dalam melaksanakan pembangunan sampai melanggar aturan tata ruang,” tegas Dudih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.