Cegah Penyelewengan BLT DD, Polisi Terjunkan Personel di Cileunyi

INIBANDUNG.COM – Guna mencegah penyelewengan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di kawasan Cileunyi, jajaran kepolisian setempat ikut serta menerjunkan personel.

Dilaksanakan di Balai Desa Cileunyi Kulon, Kabupaten Bandung, pemberian BLT DD ini juga dihadiri oleh Camat Cileunyi Agus Rizal, kemudian unsur Koramil 2413/Cilengkrang.

Lalu, Kepala Desa Cileunyi Kulon A Mulyadi, unsur BPD Desa Cileunyi Kulon, LPMD Desa, Puskesos Desa Cileunyi Kulon, Babinsa, serta pendamping Desa Cileunyi Kulon.

Kapolsek Cileunyi Polresta Bandung Kompol Suharto mengatakan giat monitoring dan pengamanan dalam penyaluran BLT DD ini bertujuan agar pelaksanaanya bisa kondusif.

“(Upaya pengamanan) ini juga agar bantuan untuk masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 tepat sasaran,” ujar Suharto di Balai Desa Cileunyi Kulon, Kecamatan Cileunyi.

Untuk menjaga situasi, Suharto mengatakan dalam penyaluran BLT DD diterapkan pola antrean oleh para KPM dengan pengamanan dari Bhabinkamtibmas dan juga Babinsa.

“Pegawai Bank lalu memvalidasi nama penerima BLT-DD dengan menunjukkan foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KK (Kartu Keluarga),” ujar Kapolsek Cileunyi itu.

Apabila telah lolos dari verifikasi, lanjut Suharto, maka setiap KPM mendapatkan bantuan BLT-DD sebesar Rp900.000 dengan rincian tiap bulan menerima Rp300.000.

“BLT DD tersebut merupakan salah satu kepedulian dari pemerintah pusat melalui desa kepada warga miskin dan pra sejahtera yang terdampak Covid-19,” kata Suharto.

Kehadiran Polsek dalam teknis penyaluran, ditegaskan Suharto, merupakan salah satu tugas Polri  memastikan penyaluran BLT DD berlangsung aman tertib sesuai prosedur.

“Agar tidak terjadi penyelewengan dana BLT DD, transparan, sehingga tidak menimbulkan pro kontra yang berujung kepada masalah sosial di tengah masyarakat,” papar Suharto.

“Mengingat masih di masa pandemi, tidak lupa kami memberi imbauan tentang prokes Covid-19 kepada masyarakat agar ikut berperan aktif menjaga situasi,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.